Cara kerja perangkat Input dan Output update

Cara kerja perangkat Input dan Output

Cara kerja perangkat input
Keyboard:

•    Ketika tombol di tekan, tombol akan menekan sebuah karet yang ada dibawahnya
•    Karet terhubung dengan chip yang mana dapat mentransmisikan sinyal yang ddidapat   ketika tombol di tekan
•    Sinyal yang ditranmisikan berbentuk kode biner
•    Data biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer
•    Setelah digenerati akan tampil berbentuk huruf dilayar monitor 

cara kerja keyboard :
semua keybord yang beredar diparasan memiliki cara kerja yang sama, hanya saja bentuk dan model portnya yang berbeda. ini cara kerja keyboard secara umum.  Di bagian bawah keyboard terdapat sebuah rangkaian listrik yang disebut key matrix. Rangkaian ini terputus-putus di setiap bawah tombol. Penekanan terhadap suatu tombol keyboard akan menakibatkan rangkaian tersebut menjadi terhubung dan menimbulkan aliran listrik yang dipantau oleh prosesor computer. Kemudian prosesor tersebut mencocokkan lokasi koordinat x,y tombol yang ditekan pada peta karakter yang tersimpan dalam ROM. Dengan demikian prosesor akan mengetahui setiap karakter yang ditekan oleh pemakai.Jika pemakai menekan lebih dari satu tombol pada waktu yang bersamaan, maka prosesor akan mencari keberadaan kombinasi tombol tersebut dalam peta karakter.
Mouse:

•    Petunjuk (pointer) yangdapat dikenal dengan “mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Ada juga yang menggunakan sensor cahaya dan cara kerjanya sama dengan mouse yang ada bola didalamnya
Trackball :

•    Prinsip kerja trackball hampir sama seperti mouse. Perbedaannya terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan sedanggkan pada trackball dari trackball sersebut tetap diam. Tetapi tangan operatorlah yang menggerakan bola untuk memindahkan kursor.
Dengan demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit. Arah dan kecepatan kursor ditentukan oleh arah & rotasi bola trackball 
baca juga : Konsep dasar sistem jaringan

Jenis-jenis Mouse

1. Mouse Optomekanik
pada prinsipnya mouse jenis ini bekerja dengan  mendeteksi gerakan tangan manusia yang kemudian di ubah menjadi sinyal yang dapat dikenali oleh prosesor.untuk itu diperlukan beberpa macam komponen. berikut ini komponen-komponen mouse optomekanik dengan cara kerjanya:
* sebuah bola yang terdapa di bagian bawah mouse akan bergerak ketika kita menggerakan mouse
* dua buah roller yang akan berputar pada saat bola mouse bergerak roller pertama akan mengukur arah gerakan ke summbu X.dan roller ke dua akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y.
*  roller ini terhubung ke sebuah piringan yang berlubang-lubang. piringan akan berputar pada saat roller berputar. ada sepasang piring untuk masing-masing roller. sehingga gerakan melingkar juga akan di deteksi oleh mouse.
* dengan adanya piringan berlubang tersebut maka cahaya LED akan di tangkap secara terputus-putus oleh sensor inframerah yang ada di dalam mouse. pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebut yang menandakan kecepatan geser mouse dan jarak penggeseran mouse.
* terdapat sebuah keping chip prosesor yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data biner yang di kenali oleh komputer. mouse jenis ini memerlukan perawatan yang teratur karena debu yang mesuk kedalam dapat menggangu gerak bola mouse.

2. Mouse Optik
mouse optik tidak latgi menggunakan bola sebagai komponen utama mouse. pada mouse optik bola sudah digantikan dengan sebuah LED merah seperti terlihat pada gambar diatas. cahaya LED merah yang terpancar ari mouse akan di pancararkan ke alas mouse yang kemudian cahanya dipantulkan ke dalam mouse dan kemidian  di proses di dalam.
c
ara kerja mouse optik :
cahaya LED akan di pantulkan oleh permukaan meja ke sensor CMOS (coplementari metal-oxide semiconductor). sensor ini akan mengirim gambaran permukaan ke digital signal prosesor(DSP). DSP akan menganalisis gambar tadi dan menentukan jarak pergeseran mouse yang kemudia di kirim ke komputer. berdasarkan data tersebut komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar.dahulu mouse optik hanya bisa dijalankan menggunakan mouse pad khusus yang memiliki pola garis kotak dari bahan yang dapat mementulkan cahaya lebih kuat.pola garis kotak tersebut akan memutus pantulan cahaya LED. berdasarkan pola nyalah-putus tersebut komputer akan mengetahua arah pergerakan mouse.  seiring dengan perkembangan mouse optik sekarang mouse optik bisa di jalankan menggunakan alas apapun.


Cara kerja perangkat Output:
A.Speaker

Cara Kerja nya adalah Saat mendengarkan suara dari sound card, data digital suara berupa wau/mp3 dikirim ke sound card. Lalu di proses oleh pengolah signal digital bekerja dengan konversi digital ke analog. Yang kemudian diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

B.Monitor

Cara kerjanya adalah alat untuk menghasilkan gambar/Hasil ketikan data lewat keyboard dan hasil pemroses data. Informasi/tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.

C.Headphone

Cara kerjanya adalah Suara yang telah di input melalui microphone dikirim ke sound card data digital ini kemudian dioleh/diproses oleh DSP (digital signal processing) yang bekerja dengan DAC(Data Analog Converter) yang mengubah signal digital menjadi analog dan di keluarkan melalui headphone.

0 Response to "Cara kerja perangkat Input dan Output update"

Post a Comment