Pengertian dan Macam Macam Contoh Simbiosis Mutualisme, Komensalisme dan Parasitisme

Pengertian simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme | Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenasi seputar simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme yang akan di jelaskan secara lengkap dan contoh nya. mulai dari contoh simbiosis mutualisme, contoh komensalisme, dan contoh parasitisme.

Simbiosis berasal dari kata bahasa yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang artinya kehidupan. simbiosis yaitu pola intraksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. simbiosis merupakan pola intraksi antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis makhluk hidup. dan makhluk hidup yang melakukkan simbiosis disebut simbion.

Definisi yang terdapat di buku pelajaran sd mengenai pengertian simbiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup. pada standar pelajaran kurikulum 2006 untuk pelajaran ipa di SD hanya dikenal dengan 3 saja. yaitu, simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. maka dari itu, kita hanya membahas 3 itu saja. simak terus artikelnya.

1. Pengertian simbiosis mutualisme

Simbiosis Mutualisme Yaitu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan. seperti pada lebah dan bunga. mereka mendapatkan keuntungan, pada lebah, ia mendapatkan keuntungan nektar dan madu dan bunga di untungkan dengan proses penyerbukan. adapun contoh lainnya yaitu pada madu dan kupu kupu. kupu kupu memerlukan madu yang dihisap dari bunga, dan bunga memerlukan kupu kupu untuk membantu proses repoduksi nya.

Contoh contoh gambar dari simbiosis mutualisme

contoh simbiosis mutualisme
simbiosis mutualisme

2. Pengertian simbiosis Parasitisme

adalah hubungan antara dua makhluk hidup atau dua jenis makhluk hidup yang dimana satu keuntungan sedangkan yang satunya lagi dirugikan. hal ini bisa kita lihat pada Benalu, benalu dengan tumbuhan yang di tumpanginya, dan benalu di untungkan dengan menyerap sari makanan dari tumbuhan yang di tumpanginya. dan pada tumbuhann yang di tumpanginya di rugikan karena sari makanannya diserap oleh benalu.

3. Pengertian Simbiosis Komensalisme

Yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang dimana yang satunya di untungkan, sedangkan yang satunya lagi tidak di untungkan dan juga tidak di rugikan. hal ini bisa kita lihat pada ikan remora dengan hiu. Dimana ikan remora dapat berlindung dari predator sehingga leluasa mencari makanan, sehingga ikan hiu tidak  mendapatkan keuntungan  atau pun kerugian dengan hadirnya ikan remora di sekitar nya.

Demikian artikel mengenai pengertian dan contoh dari simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. dan jangan lupa share dan like artikel ini jika bemanfaat bagi anda. sekian Terimakasih!

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Contoh Simbiosis Mutualisme, Komensalisme dan Parasitisme"

Post a Comment