John Hanke, si Pembuat Pokemon-GO

rifkyber.blogspot.com | Permainan yang lagi naik daun ini, ternyata banyak cerita dari proses pembuatannya. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 20 tahun. Game pertama yang di ciptakan dari dari John Hanke yang bergenre MMO(massive multiplayer Online) adalah medirian 59. pembuatan game ini dimulai sejak tahun 1996, pada saat ia di bangku kuliah.

Tak berlangsung lama, game ini di jual kepada perusahaan 3DO, hal ini bertujuan agar dirinya fokus ke proyek selanjutnya. John hanke, seorang pria kelahiran San Prasisco, Amerika serikat ini sudah berusaha selama 20 tahun untuk mencapai kesuksesannya dengan game ciptaannya.

Banyak pengalaman dan cerita dari John hanke yang bisa kita jadikan pembelajaran.

Cerita terbentuknya Game Pokemon-GO 

pembuat pokemon go
Pelajaran dari creator pokemon go

1. Memanfaatkan pengalaman bekerja di google

John Hanke, bekerja di tim google geo untuk menciptakan google maps dan google street view. dari pengalamannya, John Hanke menghasilkan sebuah karya yang berupa game keyhole AR pertama di dunia. dari game ini, kita memungkinkan untuk bisa menikmati gabungan konsep pemetaan dunia dari udara secara 3D. dari hasil nya ini, john hanke dilirik oleh google.

Google membeli teknologi dari karya john loke itu, dan kemudian google merubahnya menjadi google earth. sejak tahun 2005.hingga tahun 2010. nah, dari sini hanke bekerja di tim google geo.

2. Berawal dari lelucon

Dari pengalamannya dalam memetakan dunia, john loke membuat tim yang bernama Niantic Labs. tim developer yang di biayai oleh google untuk membangun game dengan konsep pemetaan. pemilihan namanya pun tidak sembarangan.

Nama dari niantic labs juga,terinspirasi dari kapal besar bernama Niantic selama masa penambangan emas dan terseok seok di lautan. dari sinilah, terbentuk san fransisco. dari hal ini dunia berdampak keren terlihat dari atas. meski melalui internet. Dari sinilah john hanke membuat suatu game yang pertama niantic lab dengan judul ingress di tahun 2012.

Awal dari game ini, hanke menginginkan saat pergi berangkat dan pulang kerja di google untuk bisa menampilkan suasana yang berbeda melalui layanan berbasis lokasi. Pada tahun 2014, google dan hanke membuat suatu lelucon untuk menangkap pokemon melalui google maps. berawal dari lelucon, hanke berpikir merealisasikan idenya menjadi game.

3. Investasi yang berbuah mesin uang

game pokemon go
game pokemon go
Awal pembuatan game pokemon go berawal dari titik lokasi yang paling banyak digunakan oleh pemain ingress yang menjadikan titik menjadi pokemon pakestop dan gym pokemon go. dalam perkembangan pertamanya, bersama dengan 40 orang tim didalamnya. dalam perkembangan pertamanya ia mengantongi perdanaya sebesar US$25juta (sekitar Rp.327,3miliyar) dari google,nintendo, pokemon company dan investor lainnya.

Dan akhirnya pada 6 juli 2016 hanke resmi meluncurkan pokemon go di amerika serikat, australia, dan selandia baru. sejak peluncurannya, saham nintendo menjadi naik sangat drastis hingga US$12miliyar (sekitar Rp.157Triliyun) dan mendapat keuntungan lebih dari US$2juta (sekitar 6miliyar) melalui in-app purchase dalam semalam.

Kesuksesan dari game pokemon go adalah hasil dari 20 tahun pengalaman john hanke selama dua dekade ini. dari dulu, hanke berambisi menciptakan game berbasi geo-tagging dan menjalani setiap pengalamannya bersama tim baru dan penghentauan di raihnya.

Artikel selanjutnya : teknologi canggih di zaman dahulu

Dari pelajaran yang bisa kita ambil dari John Hanke adalah fokus pada ambisi dan terus berupaya untuk menggapainya. dalam mengejar passion, jika dilakukan secara total maka bisa membuat bisnis menjadi menjajikan. (saibumi.com)

0 Response to "John Hanke, si Pembuat Pokemon-GO "

Post a Comment